PROFIL / BIODATA ST 12


















ST12 adalah grup musik beraliran musik Melayu. ST12 didirikan di Bandung oleh Ilham Febry alias Pepep (drum), Dedy Sudrajat alias Pepeng (gitar), Muhammad Charly van Houten alias Charly (vokal), dan Iman Rush (gitar).

Awalnya, keempat personel ini tak saling kenal, meski mereka telah lama berkecimpung di dunia musik. Mereka mulai akrab setelah sering bertemu di studio rental di Jalan Stasiun Timur 12, Bandung, milik Pepep. Mereka pun akhirnya resmi mendirikan ST12 pada tanggal 20 Januari 2005. Nama ST12 yang merupakan kependekan dari Jl. Stasiun Timur No. 12 adalah nama pemberian ayah Pepep, Helmi Aziz.

Meski keempat personel ini memiliki aliran musik favorit yang berbeda, Charly menggemari jazz, Pepep suka jazz dan rock, sementara Pepeng tumbuh bersama musik rock, namun mereka kompromi untuk membuat ST12 beraliran melayu.

ST12 terpaksa merilis album perdana mereka melalui jalur independent (indie) karena tak ada label yang mau menampung mereka. Sayang, pada bulan Oktober 2005, saat tur promosi album di Semarang, Iman Rush meninggal akibat pecah pembuluh darah di otak.
Trinity Optima Production mulai melirik ST12 setelah album perdana, JALAN TERBAIK (2005), meraih sukses. Album kedua, P.U.S.P.A (2008) yang didedikasikan untuk Iman, dirilis di bawah label Trinity.{STSeti/febri}


Charly (vokal) merupakan grup band asal Bandung yang meroket pamornya lewat hit Aku Masih Sayang, di album kedua ini mereka tidak hanya sekadar mempertahankan konsep bermusik pop bercorak Melayu yang terasa easy listening.

”Tetapi dari 12 lagu yang ada di album kedua, kita mencampurkan beberapa aliran musik, seperti disko, reggae dan akustik,” kata Pepep, drummer sekaligus pemrakarsa terbentuknya ST 12, saat berbincang dengan Republika di Jakarta, Senin (12/5)......

Meski menyisipkan corak ‘asing’, Pepep menegaskan bukan berarti mereka meninggalkan identitas musikal ST 12 yang dikenal sebagai pengusung musik pop-Melayu. ”Kita hanya ingin mengambil segmentasi pendengar yang lebih luas,” kata musisi ini menerangkan seputar penyisipan musik disko dan reggae di album kedua ST 12.

”Harus kita sadari bahwa orang punya cara dan selera yang berbeda dalam menikmati musik. Ada yang butuh musik menghentak, mellow, atau minimalis ornamen yang mengedepankan harmonisasi. Semua itu yang kita suguhkan di album kedua ini,” kata Pepep menjelaskan kembali.

Sementara Charly van Houtten, vokalis ST 12, menambahkan bahwa warna musik disko dan reggae yang hadir d album kedua masih tetap mengedepankan identitas musikalisasi grup musik ini.

”Tetap ada unsur Melayunya,” kata pria yang memiliki cengkok vokal Melayu ini.
Charly mengungkapkan lagu yang dihadirkan dalam versi disko berjudul Cinta Jangan Dinanti-nanti. Selanjutnya tembang bertajuk Saat Kau Jauh (S.K.J) dikemas secara reggae. Selain kedua lagu tadi, masih ada dua lagu lagi yang dihadirkan dalam konsep baru ST 12. Kedua lagu tersebut berjudul saat terakhir dan Cinta Tidak Direstui. ”Keduanya kita hadirkan dalam konsep slow akustik. Artinya kita tidak hanya menghadirkan permainan akustik itu sebagai pembukanya saja, tetapi disajikan secara full akustik.”

Single andalanUntuk album kedua ST 12 justru menempatkan single berjudul Puspa sebagai lagu andalannya. Puspa ini merupakan kependekan dari Putuskan Saja Pacarmu. Tembang ini, kata Pepep, masih tetap ST 12 banget. ”Musikalisasinya masih tetap warna musik ST 12 asli dan masih terus dipertahankan. Saat orang mendengar lagu ini, maka mereka akan bisa mengenali bahwa ini adalah ST 12.”

Sebagai lagu andalan, Trinity Optima Production selaku label recording tempat ST 12 bernaung, secara khusus langsung membuatkan video klip untuk single Puspa. Dalam video klip ini dihadirkan aktris Luna Maya sebagai modelnya.

Charly menceritakan peran Luna dalam video klip Puspa ini sebagai perempuan yang sudah memiliki kekasih. ”Tetapi saya menyuruh dia agar memutuskan pacarnya, lalu saya meminta kepada dia untuk bilang I Love You kepada saya,” kata pria ini sambil tersipu malu saat menceritakan konsep dari video klip Puspa ini.

Sementara, Luna Maya, yang duduk di dekat ketiga personel ST 12, menjelaskan tentang perannya di video klip terbaru ST 12. ”Ini kan tuntutan profesionalisme kerja saja,” katanya singkat.

Untuk video klip Puspa ini, ST 12 dan Trinity memberikan kepercayaannya kepada sutradara Guntur. Clippers muda ini sebelumnya pernah menggarap video klip ST 12 yang berjudul Rasa yang Tertinggal. Sementara itu debut album ST 12 yang dilansir tiga tahun silam berjudul Aku Tak Sanggup Lagi menorehkan prestasi penjualan lebih dari 300 ribu keping.

Berkat penjualan tersebut, pihak Trinity memberikan penghargaan double platinum kepada grup yang menyingkat ST 12 dari nama lokasi di kawasan Bandung, yakni Stasiun Timur Nomor 12.

Walau kehilangan seorang personel, ST12 mampu bertahan dan mendulang sukses di album perdananya. Ciri khas ST 12 yang membawakan lagu melayu memang terasa mantap dibawakan Charly, sang vokalis, memang menjadikan ST12 band yang berkarakter.

album kedua ST12 ini banyak disukai oleh masyarakat indonesia. Kuping orang Indonesia mudah menyerap lagu-lagu dari ST12. Terbukti dalam waktu tiga bulan saja band ini berhasil menggondol Double Platinum. Selain copy albumnya menembus angka penjualan 150 ribu, RBT-nya pun diunduh sebanyak 1 juta.Kenang Iman Rush

JAKARTA INDONESIA,
KESETIAKAWANAN menjadi pedoman yang dipegang teguh oleh kelompok musik pop asal Bandung, ST12, ini dibuktikannya (Jumat, 4 Juli 2008), di Jakarta. Lewat acara launching album terbaru mereka bertajuk “PUSPA”, ST12 mencurahkan perasaannya kepada penonton tentang mendiang kawannya yang telah meninggal dunia, Iman Rush.

ST12 adalah grup band yang memiliki formasi awal dengan empat personel; Charly (vokal), Pepep (dram) dan Pepeng (gitar),dan Iman Rush (gitaris). Setelah ditinggal Iman Rush, ST12 tetap eksis berkarya dengan dukungan beberapa personal tambahan (additional player).

Dalam album teranyarnya, ST12 mengandalkan tembang “PUSPA” dan “Saat Terakhir” untuk meraih hits diblantika musik Indonesia. Diakui Charly, lagu “Saat Terakhir” merupakan persembahan ST12 untuk kawan mereka yang telah meninggal, Iman Rush.
Dalam konser sekaligus launching semalam, tak bisa dipungkiri, personel ST12 larut dalam kesedihan. Pemicunya adalah lagu “Saat Terakhir” yang membuat sang Vokalis meneteskan air mata.

Sebenarnya lagu “Puspa” bukan lagu dengan intonasi lambat dan mendayu-dayu, seperti kebanyakan lagu sedih. Lagu Puspa yang dibawakan sempurna oleh ST12 memiliki irama riang ala chacha. Liriknya pun jenaka. Simak saja syairnya; “Jangan jangan kau menolak cintaku, jangan-jangan kau tak trima cintaku. Putuskanlah saja pacarmu, lalu bilang I Love You padaku,” begitu penggalan lirik bagian reffrain lagu itu.
Bagi seluruh personel ST12, Iman Rush adalah sosok yang baik dan setia kawan. “Iman adalah pedoman hidup dan inspirator kami,” ujar Pepep.{STSETIA/FEBRI}






































TAG : BIOGRAFI ST12, SEKILAS TENTANG ST12, PROFIL ST12, BIOGRAFI ST12 BAND, SEKILAS TENTANG ST12 BAND, PROFIL ST12 BAND, TENTANG ST12, TENTANG ST12 BAND, PROFILE ST12, PROFILE ST12 BAND, Biography ST12 BAND, Biography ST12, BIODATA ST 12, BIODATA ST 12 BAND.
Bagi Siapa saja yg ingin mengbackup data atau file atau yang ingin copy paste file di atas harus mencantumkan nara Sumbernya Seperti : http://kawasanstsetia.blogspot.com/ atau sumber artikelnya. terima kasih

Artikel Yang Berhubungan



49 komentar:

coffie said...

kapan ada jadwal live
di wonosobo?
buaanyak bgt STsetia disini...

Unknown said...

hiiii,,guyssss kapan neeeh konser d cikarang,,,????????????

GunThanks said...

kapan konser di Pati - Jawa tengah nee STsetia byk yg nunggu nee

nadila beautiful said...

ka kirimin foto kk dong ke e-mail ku ni e-mail ku nadila_alya@yahoo.co.id ya jngn lupe ye!

irm4_D said...

I LIKE ST-12
COZ WITH CHARLY VOISE CAN MAKE ME LOVE ST-12....
WHEN PERFOMES IN MY CITY,,,??

lulik said...

St 12 top abiz... dech, kapan sich st 12 manggung di kraksaan, di sini banyak dech fens2 st 12, apalagi aku.

STsetya said...

ST 12 adlh band favoritq & q suka lagu2x dri album pertma & kedua & q brhrp ST 12 bisa berkarya n meramaikan musik tanah air


maju terus ST 12 & utk STsetya JGN lpa dukung terus ST 12

charly said...

cui,... ganteng bener personil2nya, kapan z Q ketemu U kak,...
salam kenal z,...
charly_boy@rocketmail.com

Unknown said...

hy!!!!!!!!!!
ka charlie gmana acara na eang di adakan d semarang

ais said...

charly,,,,,,,,,,,?kpn nich m0 main kepekal0ngan,,,,,fans disini udah pada kangen nich,,,,,?kal0 bsa 5ain kepanjang,,,,?by:fans brat lo.{ais}

ais said...

hai charly,,,,,,,,,,,,,btw gmn nich kbarnya!?q fans berat u lh0,,,!0h ya nkpn nich m0 main ke pkl0ngan lg!n q tnggu album baru nya.

Unknown said...

st12 T-O-P-B-G-T

Unknown said...

st12......
kapan ke malang????
balez di emailkko ya...

AYU`S PORTFOLIO (7E/06) said...

ASKUM ............
HAI!!!! ST SETIA GMANA KABARNYA BAIK KAN AKU SALAH SATU PENGGEMARMU. KAMU SEKALI KALI MANGUNG DI GRESIK JAWA TIMUR DONK! TRUS AKU MINTA ALAMAT EMAIL KAMU BOLEH G ??? KLU G BOLEH JUGA G PA2. UDAH DULU YA!! SALAM KENAL

AYU DR. GRESIK JATIM

WASLAM

cHemot said...

asskum

ai para ST SETI,,,,


em kpan nech mangunk d gresna

q da g sabar..
bneran q cnta mati ma ST12
Q TUNGGU KAK Y D GRESIK..

Unknown said...

hai charly q anie penggemar mu

falina cute said...

hai kak charly q ngEfanzzzzzzzzz bgt 5 k2k,suara k2k OK and keren abiz I LOVE YOU ST12.

persahabatan said...

mh..
good your ST12..
gaul biZ..

Motor Second ( Bekas ) said...

bang charly kami dari band cobake fan berat st12
kami ada beberapa lagu seirama dengan irma st12
so,,, bang charly boleh bantu band kami enggak...
kami mohon bang.. dengarkan lagu karya kami ya...kami pengen banget seperti band st12..
van_halen_handsome@yahoo.com

RIZKI HINDRA PUTRA said...

ekki....

Unknown said...

kak charlie q ngefaaansssssssss bgtttttttttt a5 ka2k..............................

widia said...

. ay ka2q - ka2q . .
. akko ngefans bget ma kaq . .
. akko jg pngen ktmu m ka2q . .

raya said...

ka2k ka2k st12 aq ngefaaans banget kapan2 ke humsku y jalan gubeng kertajaya XI surabaya

v34 said...

k'cHarly v3 pgn bgt bs ktmu m k"..... v3 slalu brdoa mga k" slalu sukses slalu (amin) slam dari v3 di sukabumi,,,,,,,,,
kpn2 manggung d sukabumi yua k" ^_^
good luck k" cHarly............

andika van houten said...

st12 kpan konser di dumai??
ama gw di tunggu ya!!!

CHOIRUL REYZAL said...

st 12 harus tetap semangat.....

Smart Centre said...

webnya bagus... cuma mau tanya, knp tidak pakai domain sendiri aja yah? ohya betul ga ada rumor charlie adalah orang kadurama, ciawigebang, kuningan? its ok jika benar.. Saya sendiri bangga ko jadi orang Ciawigebang.

dPrince of Smart
www.bumikupijak.com
www.isc.bumikupijak.com
www.media.bumikupijak.com

IKraM st-Setia said...

st setia disiniiii

st setia fans club palangka raya said...

kami dari st setia fans club palangka raya.
mohon dukungan dari st 12,supaya kami di resmikan sebagai fans st 12 dari kota palangka raya.
by aroel.
email:aroelayuyst@ymail.com
mohon bangat saya dengan mas charly.

Unknown said...

temen@ STSetia, kuw br dikasi taw temenz da quiz bisa ktemuan ma ST12! waaaa.. cobain ksinich yach tmaaan.. cayooo http://ow.ly/1F2GX

Unknown said...

temen2 STSetia, kuw br dikasi taw temenz da quiz bisa ktemuan ma ST12! waaaa.. cobain ksinich yach tmaaan.. cayooo
Ini quiznyaa http://ow.ly/1F2GX

Inong Mutz said...

kpn nie st12 dtg ke medan??
Q pgn bgt ktm m k'charlie..
k'charlie ko bsa keren bgt seh??

Kerjak said...

saya punya lagu bagus bisa gag k' carlie ngorbitin

rangga said...

ass st12 ap kbr smua? ap kbr st setia seluruh indonesia? q berdoa kpd ALLAH SWT biar ketemu ama st12 amin?

Leo Agung said...

gue copy dikit" ok brooo .. . ... ..
http://leoselamanya.blogspot.com/

IRZHAM said...

assik.....
sukses selalu yooooo

Thechania's said...

hai kak Charly...
Knlin nm q Safar..
Q asl org Bngkulu...
Oy kk, Kpan2 mgung donk d Bngkulu..
St Setia Bngkulu Mnti Khdran St12...

Terrorisz Chinta STsetia said...

kPn ST12 dtg qe PRABUMULIH?????

camel charly amel said...

ka charly bntr lg ulth yua>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
ka ni fans brat ka2
q amel
i love you charly

camel
charly amel
forever

Veronica Ana Fitrotunnisa said...

fero gibran van houtten
A charly kapan ke brebes?anak st setia pada kangen tuh...berharap st 12 ke brebes lagi....

dwi rahayu said...

kak charly makasih ya dah nyempetin manggung di tulungagung beberapa waktu yang lalu,dan kedatangan kakak ke sini kan slalu kutunggu

zeevers band said...

(pans berat st12)


kami zeevers beraliran musik melayu bisa dikatkan menginduk ke st12, kami berharap kami di beri peluang untuk bisa masuk ke manajement st12, kami sudah memiliki beberapa track dan kami sangat optimis st 12 berkenan mengenal zeevers dengan lebih dekat...
jika pihak st12 merasa tertarik bisa menghubungi nomer di bawah ini
082118018495
atas nama zeevers kami ucapkan banyak terimaasih

Zu Chie Geminiboy said...

Kak CharLy..
aq ngefans banget Loch Ma ka2k ?!!
Pokok nya ka2k tu kerenz banget, baik,trus rendah hati..
aq suka banget sama karya Lagu2 ka2k, and semuanya aq dOwnLoad !!
semoga kak CharLy bisa teruZ berkarya ..
bravo kak CharLy ... !!

coid said...

kak Carly aku ST SETIA mu... kak kak carly kan pnya lagu CINTA TAK HARUS MEMILIKI. lagunya di terusin dong kak yang judulnya SUAMIMU.. kekasih yang telah di jodohkan oleh orang tuanya dan sekarang punya suami. liriknya hampir sama kak sama CINTA TAK HARUS MEMILIKI. thans. kak
too. Coid Atribute. no hp 02194147143 alamat depok cimanggis

hakiem.cuy said...

salam stia ST12
kmi ST stia u dari medan,,, kmi pnya band g'zlazz...
kmi pnya lgu dan kmi ykin ne single yg bs d terima kalngan umum ( maysarakt ),,, tp kmi ga pny dana untk m'ngembangkan band kmi... ( liat video rekaman kmi d you tube judul g'zlazz, aku )
kmi hrap st12 bs m'bntu kmi...mksih bnyk tetap stiaku,
st12 inspirasi kmi

contact person.. dika- gtaris 085277644471, hakim drum 083199356989. aziz bass-

Tulisan Abi said...

kak carli,, kakak mau gak beli lagu ciptaan q sendiri, q jamin lagunya nagus,
kalau kakak berminat hubungi q ya kak di no 085727924507

fajjar_73 said...

ka pengen gabung di PCM gi mana kalau bisa pengen kontak langsung ka charlyarly

Unknown said...

jangan bubuar...

Unknown said...

tulungagung kapan ni...oh ya buat temen2 yang hoby nge gitar ni blog saya www.kordgitarhit.com

Post a Comment

© 2009 - ST 12 BAND Top